Membuat Poster K3 yang Efektif

Membuat Poster K3 yang Efektif


Hasil gambar untuk ilustrasi k3Dalam wikipedia dijelaskan bahwa poster atau plakat adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar. Pengaplikasiannya dengan ditempel di dinding atau permukaan datar lainnya dengan sifat mencari perhatian mata sekuat mungkin. Karena itu poster biasanya dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat.

Poster digunakan juga sebagai salah satu media menyampaikan pesan pesan K3. Diharapkan poster dapat menjadi media yang efektif sehingga orang tertarik membaca, terinspirasi, dan melakukan isi pesan dalam poster, kemudian bagaimana cara membuat poster K3 yang efektif sehingga menarik orang untuk membaca dan bertindak?

Berkut ini adalah cara yang J.E.L.A.S. dalam membuat poster K3 yang efektif:

J= Judul harus menarik orang yang membacanya walau sekilas. Kita bisa meniru susunan atau gaya bahasa pada headline dengan kalimat yang menarik atau kontroversial di media masa atau headline pencuri perhatian pada iklan iklan komersil di berbagai media.

E=Efisiensi kalimat dibuat dalam bentuk teks yang lebih singkat tanpa menhilangkan inti pesan, karena poster pada hakikatnya bersifat visual sehingga lebih banyak gambar yang berbicara dan teks berperan memperkuat ilustrasi visual. Apabila ada teks yang ingin ditekankan, dapat dibedakan warnanya dengan warna biru atau merah agar mendapat perhatian khusus dari pembaca.

L=Layout poster harus “eye catching” (enak dipandang mata), desainnya menarik dan warna dasar menggunakan warna yang terang sehingga tidak mengganggu tampilan gambar dan teks.

A=Animasi adalah salah satu bentuk gambar unik atau lucu yang bisa ditampilkan dalam poster dan seakan akan berbicara dalam bentuk visual sehinga orang senang membaca dan menangkap informasi yang disajikan tersebut.

S=Susunan teks pada poster dibuat beraturan, berurutan, mengalir, dan ada instruksi yang mengajak, sehingga pembaca merasa nyaman untuk menikmati pesan pesan yang disampaikan dalam poster dan tergerak untuk melakukan pesan yang disampaikan dalam poster.

Semoga sebagian cara cara untuk membuat poster yang efektif tersebut dapat bermanfaat untuk kampanye K3 kita.

Anda memiliki cara lain yang dapat memperkaya khazanah kampanye K3 kita.

Salam Safety

Comments

Popular Posts